Tuesday, October 9, 2012

Penerang Hati Untuk Siswa Sekolah

Pada umum nya manusia masih dalam katagori anak-anak sangat lemah dalam melakukan suatu pekerjaan tanpa ada bantuan dari orang tua dan orang lain. di Indonesia untuk anak yang tergolong dalam katagori kurang cerdas sangat tinggi dibandingkan dengan anak yang cerdas, mangapa demikian karena kebanyakan orang tidak tahu bagaimana cara mengajari anak tersebut. jadi untuk mengatasi anak yang kurang cerdas dalam pendidikannya itu bisa di bantu dengan orang tua nya sendiri atau dengan bantuan orang lain. untuk anak yang masih di bawah umur 12 tahun masih sangat membutuhkan pengajaran yang sederhana dari orang tua nya sendiri dan untuk anak yang sudah berumur 12-18 tahun bisa belajar dengan dirinya sendiri atau sering disebut mandiri. untuk menumbuhkan anak yang mandiri kita butuh trik tersendiri untuk menerapkanya pada anak tersebut. sebenarnya trik nya tidak terlalu sulit untuk kita terapkan kepada anak dan anak pun tidak berat untuk melakukannya, yang di butuhkan bagi anak itu adalah belajar mengatur waktu kegiatannya sehari-hari. ada beberapa trik yang bisa saya sampaikan disini dan memang benar-benar teruji, mengapa saya mengatakan demikian, karena saya sudah mengalaminya sendiri. saya cerita sedikit, menurut pengalaman saya pada waktu saya masih duduk di bangku sekolah saya termasuk anak yang kurang cerdas dan malas. saya sangat sulit untuk merubah tingkah laku saya pada waktu itu, pada akhirnya saya bertemu sesorang yang merupakan saudara saya sendiri. saya tidak ragu menceritakan kisah saya selama ini dengan dia. dia pun memberikan pengarahan kepada saya agar saya bisa mengatur waktu kegiatan sehari-hari. dari itulah saya mulai belajar memahami bagaimana agar saya ini bisa mengikuti bagaimana cara anak-anak yang lain bisa cerdas. adapun trik yang pernah saya lakukan pada waktu saya masih di bangku sekolah. 

Tips dan trik Penerang Hati untuk anak di usia 18 tahun kebawah
  1. Mulailah membiasa kan sholat, kalau pun blum bisa melaksanakan sholat 5 waktu, coba sholat pada waktu magrib saja. kalau bisa lebih itu lebih baik.
  2. Kurangi waktu bermain, jika waktu kita bermain itu setiap hari maka diganti dengan 3 kali seminggu.
  3. Lama belajar sebaiknya cukup 1-2 jam, mengapa demikian karena otak manusia produktif selama 1-2 jam jika kegiatannya hanya membaca.
  4. Biasakan bangun tidur pada waktu subuh, jika seseorang terbiasa bangun tidur pada waktu subuh maka daya pikirnya akan lebih produktif.   
  5. Waktu belajar sebaiknya pada waktu subuh, mengapa demikian karena pada waktu subuh ini kita dibangunkan dari tidur pasti otak kita segar dan daya ingat seseorang akan lebih tajam, kalau otak kita segar otomatis kita belajar bisa semangat dan daya ingat kita pun kuat.
  6. Kalau menurut saya waktu belajar itu lebih baik pada waktu subuh dibandingkan dengan waktu yang lain, mengapa demikian karena kalau pada waktu siang hari atau malam hari sebelum tidur daya ingat kita kurang tajam dibandingkan pada waktu subuh. pengalaman saya dulu belajar pada siang hari atau sebelum tidur saya cepat lupa apa yang telah saya pelajari.dan besoknya saya tidak ingat lagi apa yang sudah saya pelajari, jadi repot donk saya harus buka buku lagi padahal waktu ujian telah tiba.
  7. Jika kebiasaan seseorang pada saat belajar membutuhkan makanan ringan ini juga bisa membantu daya pikir seseorang lebih produktif, tapi jangan setiap mau belajar mintak di belikan makanan ringan terus nanti bangkrut loh.....
  8. Ada juga yang belajar sambil dengar musik, kalau memang bisa dengan musik silahkan, perhatian jangan sampai lirik lagu nya saja yang kita hafal, pas di tanya guru kita tidak bisa malu dong.
  9. Biasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar. 
Demikianlah artikel saya kali ini tentang tips dan trik Penerang Hati untuk anak di bawah usia 18 tahun. semoga artikel ini bermanfaat, dan jika artikel saya kali ini kurang jelas atau memang kurang sama sekali silahkan tinggalkan komentar anda, saya mengaharapkan komentar anda semua dan mungkin bisa menjadi pedoman bagi saya untuk lebih produktif lagi dalam membangun artikel yang lebih menarik lagi. 

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts